LOGIN FORM

Forgot Password Forgot Email
Home > News > Avantgarde Trio G 3 : Turun di IHEAC Show 23
News
Sudah dibaca 1940 kali
Rabu, 24 Mei 2023 11:30
Avantgarde Trio G 3 : Turun di IHEAC Show 23
Posted by :

Berkunjung ke galeri audio Ultimate Audio Video (23/05/2023) kami disajikan dengan pemandangan yang menyegarkan mata. Salah satunya adalah ketika kami diajak masuk ke sebuah ruangan besar di lantai 3, dimana  ada speaker Avantgarde Acoustic Trio G3 disitu.   Ini adalah salah satu model horn flagshipnya Avantgrade, dan  lahir sebagai bentuk perayaan ulangtahun yang ke-30 Avantgarde Acoustic (AA). Kita akan bisa menyaksikan bagaimana kehebatannya  di arena IHEAC Audio Video Show yang digelar pada tanggal 9 – 12 Nopember 2023.

AA membuat tiga versi model ini, yakni versi berbasis pasif, lalu versi aktif dengan amplifier iTron, dan versi all in one wireless streaming. Yang ada di Ultimate Audio Video ini adalah versi basic-nya yang dikatakan berjenis pasif. Jadi di sisi tubuhnya ada crossover pasif. Tetapi dia bisa kita ajak bermain di pola aktif dengan menambahkan  amplifier. Ada sebuah sakelar kecil di depan tubuh Trio G3 untuk menghidupkan amplifier 3 channel (masing masing satu channel untuk setiap driver) ini. Masing-masing  amplifier aktif ini bermain di 7 Watt kelas A. Pertanyaannya, lebih oke mana – yang pasif atau aktif? Jawabannya, terserah kita. Yang jelas, kalau yang anda pilih adalah versi aktif  seperti ini, maka nantinya  bisa saja diupgrade dengan sebuah sirkuit modul streaming nirkabel. Jika anda lakukan hal ini, berarti anda menyulap G3 ini jadi sebuah sistem audio all in one. Ada juga konsep streaming di speaker ini dengan memakai  network connection via LAN / Ethernet.

Jika lebih suka main di pasif, kita akan lebih leluasa memilihkan amplifier, apalagi bila anda suka bereksplorasi atau main ‘kutak katik’(misalnya mau main single ended mungkin), pasif lebih menunjang untuk itu.  Plusnya aktif? Tentu lebih praktis, dimana kita tak perlu bingung mencari amplifier atau kabel speaker yang paling sesuai dengan speaker ini. Disini kita bisa melakukan semacam demo antara aktif atau pasif, dengan menggunakan sebuah selector kecil yang kami lihat ada di lantai. Jika kita ingin main pasif, tinggal pilih pasif, dan lalu kita gunakan amplifier (di ruang ini kami lihat sebuah power dari Air Tight yang siap digunakan).

Avantgarde juga punya streamer yang dimasukkan ke speaker (built in) dengan memakai koneksi kabel LAN/ethernet untuk networknya. Bicara kabel, dibandingkan dengan model Trio sebelumnya dari Avantgarde, ada beberapa perbedaan, misalnya jika model sebelumnya, kabel dari setiap driver yang menuju crossover, terlihat, tetapi kali ini tidak terlihat sama sekali. Ternyata bersembunyi di dalam besi penyangga driver.

Crossover speaker

 

Perbedaan lain adalah di crosovernya. G3 punya  driver dan crossovernya yang telah diperbaharui. Tweeter XT3-nya telah ditingkatkan, dengan menggunakan sebuah diafragma yang lebih ringan dibandingkan yang model sebelumnya, dan diklaim punya response yang lebih cepat serta bidang dinamika yang dengan mudah main hingga di 28.000 Hz. Distorsi harmoniknya dikatakan 10 dB lebih rendah dibandingkan seri XD, dan rate distorsinya telah dikurangi (dari 1% ke 0.32%).

The Right Partner

Trio G3 didrive oleh power amplifier Avantgarde bernama iTron. iTron inilah yang menyediakan Trio G3 dengan modul sirkuit yang diperluas, untuk kian menaikkan tingkat ‘matching’nya dari sirkuit amplifikasi dan speaker sekaligus menghemat kebutuhan akan power amplifier.

Di ruang ini, Trio G 3 juga didukung juga  oleh sebuah ‘subwoofer’ atau dikatakan bass horn, yang dinamakan Spacehorn. Ukurannya lumayan besar, dan bisa saja mengesankan bukan merupakan sebuah speaker.  Di galeri ini, G3 juga didukung oleh source berupa streamer merk Taiko, lalu sinyalnya masuk ke DAC-nya Ideon, berikut master clock dari Ideon sebelum kemudian lari ke preamplifiernya  FM Acoustic dan akhirnya sinyal lari ke amplifier aktifnya Trio G3 tadi.

Bass horn Spacehorn Avantgarde Acoustic

Dengan pendukung-pendukung ini, kami menikmati suguhan lagu, seperti Million Bicycle-nya Kate Melua, Bali Run-nya FourPlay, dan lain lain. Video rekaman kunjungan kami saat mendengar bisa anda lihat di bawah ini: 

 

Anda yang tertarik untuk mendengar langsung, bisa menghubungi Rio di Ultimate Audio Video. Galeri ini berada di lantai 1 Belleza mal di kawasan Permata Hijau (sebrang ITC Permata Hijau). Sekali lagi, Trio G3 akan turun ke arena IHEAC Show. Dan di acara itu, rencananya, principal Avantgarde akan datang ke arena pameran. Kita tentu akan dapat berbincang dengannya, bercerita tentang merk dan model speaker ini tentu.  Warna hornnya  orange? Ya Ultimate Audio Videolah yang memilihnya. Istilahnya, Orange Hermes, membedakan dengan yang finishing Orange Lambo.

 

 

 

 

 

0 Chat
Load More Comment
Latest News
Vivid Audio M1 di IHEAC AV Show 2024
Karaoke HD 4K Streaming di Room Multi Alam Elok
Seri QA Venture Audio Tampil di IHEAC Show 24
Streamer Tabung Purva, Turun di Room Alexandria Audio
Rencana IMS Mengambil 8 Room
Popular News
Sambutan dari Ketua Paguyuban Iheac
IHEAC Audio Video Show 2019 Resmi Dibuka
Avantgarde Trio G 3 : Turun di IHEAC Show 23
Meeting (Juni) IHEAC Show 23 : Rencana Pra Pameran
Pembubaran Panitia IHEAC Audio Video Show 2019
Latest Chat
Jelang IHEAC Audio Video Show 2022
Turntable Murmer IKEA
Beda kualitas suara analog dan digital
Contoh RT-60
Bermain Analog Player mempunyai sukacita tersendiri.